Home » Uncategorized » Raharja Career

Raharja Career

Pertanyaan :

Buatlah laporan tentang event Raharja Career. Tulislah diawali dengan Kata Pengantar, Pendahuluan, Uraian dan ditutup dengan Kesimpulan dan Saran. Di bagiaan Pendahuluan kaitkan dengan materi Kebudayaan.

Status : Tercapai 100%

KeteranganSaya telah menghadiri Raharja Career dan membuat laporan pengamatan

Bukti :

KATA PENGANTAR

      Puji Syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha esa. Karena berkat karunianya penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian ini, sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kesalahan baik dari segi penulisan, bahasa ataupun data-data yang kurang lengkap dan sebagainya. Untuk itu penulis membutuhkan saran dan kritik dari para pembaca, dosen pengampu dan rekan-rekan mahasisiwa sekalian, agar laporan ini lebih baik, dan penulis juga memohon maaf apabila laporan ini tidak sempurna, karena sebagai manusia biasa penulis memiliki banyak kekurangan.

          Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian dan penyusunan laporan ini, mudah-mudahan laporan ini berguna bagi para pembaca sekalian.

                                                                                                                               Tangerang, 21 Februari 2017

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

           Kita semua menyadari bahwa ada satu hal di dunia ini yang tidak pernah berubah yaitu perubahan itu sendiri. Perubahan-perubahan yang berlangsung begitu cepat menuntut kita untuk dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan perubahan itu. Oleh karena itu, jika kita tidak ingin ketinggalan dengan bangsa-bangsa lain maka kita membutuhkan pemikiran yang kreatif untuk mengembangkan potensi kita di dalam negeri yang berperan sebagai aset negara. Tetapi Dalam perubahan yang kita buat tetap harus mengikuti peraturan yang ada, dan perubahan yang kita buat bisa saja menjadi pengembangan budaya atau bahkan kebudayaan baru yang ada di negara kita, dengan syarat hal itu harus bersifat positif dan tidak mempermalukan negara kita dihadapan negara lain.

            Adapun latar belakang penelitian ini adalah, penulis ingin mengetahui acara Raharja Career selama 1 hari penuh. Di sisi lain juga acara ini terkait dengan kebudayaan Indonesia, serta penulis juga ingin mengetahui peserta di acara tersebut, produk apa yang dibuat oleh peserta yang dipamerkan selama 1 hari, apakah mengandung unsur kebudayaan dan seni yang tinggi. Dalam laporan ini penulis juga ingin mengungkapkan kepada para rekan-rekan mahasiswa tentang bagaimanna suasana tempat yang penulis teliti dan makna dari penelitian ini.

  2. Rumusan Masalah
    Dari pendahuluan di atas dapat di rumuskan beberapa masalah yaitu :

    A. Apa saja unsur-unsur  kebudayaan ?
    B. Apa yang dimaksud dengan Raharja Career ?
    C. Produk apa saja yang dipamerkan di acara Raharja Career ?
    D. Apakah Produk yang diciptakan mengandung unsur kebudayaan ?
  3. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan tujuan penelitian ini adalah :
    A. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kebudayaan Indonesia yang di ampu oleh
         Mrs. Nurlaila Suci Rahayu Rais, Dra.,M.M.,M.H.

    B. Dapat mengetahui, mengerti dan memahami suasana, produk yang dipamerkan
    diacara Raharja Career

    C. Untuk mengetahui tujuan dan manfaat dari mengikuti kegiatan Raharja Career
  4. Metode Penelitian
    A. Turun langsung ke lokasi diadakan nya acara Raharja Career
    B. Mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan dengan melakukan
         wawancara langsung dengan salah satu peserta Raharja Career

    C. Mengisi formulir Raharja Career yang sudah disediakan pihak kampus
  5. Waktu dan Tempat Peneltian
    Hari / Tanggal : Selasa, 21 Februari 2017
    Lokasi : Perguruan Tinggi Raharja, Jl.Jenderal Sudirman No.40 Modern Cikokol,
    Tangerang
    Waktu penelitian : 09.00-15.00 WIB

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

  1. Unsur-unsur kebudayaan
    A. Sistem bahasa

             Dalam kebudayaan, bahasa menjadi unsur penting karena fungsinya. Fungsi dari bahasa adalah sebagai alat komunikasi anggota masyarakat sehingga mereka dapat berinteraksi satu sama lain. Tanpa bahasa, sebuah kebudayaan tidak akan tercipta karena hakikatnya kebudayaan dapat diciptakan setelah adanya interaksi dari masyarakatnya

    B. Sistem mata pencaharian dan ekonomi

            Unsur yang kedua ini adalah unsur yang pasti ada di dalam sebuah kebudayaan. Hal ini disebabkan oleh mata pencaharian dan ekonomi masyarakat akan mempengaruhi kebudayaan yang akan terbentuk di sana. Misalnya, kebudayaan para petani akan berbeda dengan kebudayaan para nelayan.

    C. Sistem peralatan hidup dan teknologi

             Peralatan hidup dan teknologi ini diciptakan manusia untuk mempermudah mereka untuk hidup. Dengan seperti itu, kebudayaan masyarakat yang mempunyai teknologi yang lebih canggih akan sangat berbeda dengan kebudayaan di masyarakat yang masih menggunakan alat sederhana.

    D. Sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial

             Dalam unsur yang satu ini, suatu kebudayaan di dalam masyarakat pasti mempunyai aturan-aturannya sendiri, misalnya dalam adat perkawinan, hajatan, dan lainnya. Sistem organisasi sosial setiap kebudayaan pun akan berbeda.

    E. Sistem ilmu pengetahuan

              Setiap kebudayaan, ilmu pengetahuan menjadi hal penting karena dengan sistem inilah suatu kebudayaan akan bertahan. Kemudian, sistem ilmu pengetahuan antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya sangat berbeda. Sebagai contohnya yaitu ilmu astronomi yang dimiliki masyarakat pesisir pantai akan lebih baik daripada masyarakat yang tinggal di pegunungan.

    F. Sistem kepercayaan atau religi

              Setiap kebudayaan, sistem kepercayaan atau religi menjadi sistem yang paling penting karena bisa menentukan setiap aturan yang ada di dalam masyarakat tersebut. Contohnya yaitu masyarakat Hindu yang mengagungkan hewan sapi, sedangkan dalam masyarakat lainnya tidak. Bahkan, untuk masyarakat yang tidak mempercayai adanya Tuhan pun, mereka masih mempunyai sistem ini.

    G. Sistem kesenian

               Setiap kebudayaan pasti identik dengan kesenian. Entah itu seni rupa, seni tari, atau pun seni tarik suara. Dengan adanya sistem ini, setiap masyarakat mempunyai ciri khas yang unik yang membedakan masyarakat tersebut dengan masyarakat lainnya.

     

  2. Raharja Career

               Raharja Career merupakan pameran hasil karya penelitian oleh Pribadi Raharja yang telah menyelesaikan TA/Skripsi-nya di Perguruan Tinggi Raharja. Raharja Career dilaksanakan sebelum Pribadi Raharja melakukan sidang komprehensip. Kegiatan ini dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun, yang berarti diadakan setiap semester. Raharja Career ini bertujuan agar mahasiswa yang akan melakukan sidang komprehensif berlatih menjawab pertanyaan dari Pribadi Raharja lain yang melakukan wawancara terhadap produk yang mereka hasilkan. Dan kegiatan ini dapat juga memberikan gambaran bagi Pribadi Raharja yang akan melaksanakan TA/Skripsi untuk memberikan wawasan mengenai produk atau proyek yang akan mereka hasilkan nanti.

  3. Produk yang dipamerkan di Raharja Career

            Hasil karya yang dipamerkan berupa demo program, alat robotik, maupun video presentasi. Salah satu peserta Raharja Career yang penulis wawancara adalah mahasiswa jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB), peserta tersebut membuat video profil salah satu program studi di Perguruan Tinggi Raharja, divideo tersebut memuat profil jurusan, visi misi, fasilitas dan metode pembelajaran. Dalam membuat produk tersebut ia menggunakan 2 metode, yaitu naskah atau cerita dan editting. Keunggulan produk ini terletak pada gambar-gambar yang solid dan cerita yang jelas karena terdapat teks dan backsound yang menarik.

  4. Produk yang dipamerkan berkaitan dengan kebudayaan

          Dilihat dari unsur-unsur budaya yang telah dijabarkan diatas, produk yang dihasilkan dalam acara Raharja Career mengandung unsur kebudayaan, karena produk yang dihasilkan dan dipamerkan merupakan sebuah teknologi, termasuk dalam ilmu pengetahuan dan bisa menjadi mata pencaharian bagi sang pencipta produk untuk kedepannya.

PENUTUP

  1. Kesimpulan

              Berdasarkan analisa data dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata mahasiswa jurusan Teknik Informatika dengan konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) membuat sebuah video profile, serta dapat diketaui  dari penelitian ini bagaimana usaha mahasiswa untuk menciptakan sebuah produk yang bagus,  memiliki  nilai kebudayaan dan memiliki manfaat yang tinggi

  2. Saran
    A. Penulis berharap penelitian ini bermanfaat bagi pembaca
    B. Produk yang diciptakan lebih variatif lagi
    C. Penulis berharap diacara Raharja Career selanjutnya penjelasan para pencipta produk lebih mudah dipahami, maksimal dan jelas
    D. Dalam pelaksanaan Raharja Career selanjutnya dapat disediakan tempat yang
    sedikit lebih luas atau pengaturan pameran produknya lebih membuat
    mahasiswa yang melihat bisa leluasa
    E. Penulis berharap adanya kontribusi para pembaca untuk turut serta memberikan
    saran terhadap penelitian ini

Leave a comment

Visitors

free counters

Archives

February 2017
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728